Pulau Pasifik Terpencil Ini Dapat Menjadi Kunjungan Liburan Cagar Langit Gelap Kelima Dunia

Pulau Pasifik Terpencil Ini Dapat Menjadi Kunjungan Liburan Cagar Langit Gelap Kelima Dunia

June 28, 2017 Off By Julia Ramos

Jika Anda ingin melihat bintang di bawah langit yang gelap, saran terbaik adalah pergi ke tempat di mana orang-orang tidak – seperti Kepulauan Pitcairn di Pasifik Selatan, yang mencoba menjadi Cagar Langit Gelap pada akhir 2017.

Wilayah Luar Negeri Inggris terakhir di Pasifik Selatan, Pitcairn terhubung dengan pemberontakan paling terkenal dalam sejarah yang digambarkan dalam “1962 film Mutiny on the Bounty,” dan terletak di sebelah selatan Tropic of Capricorn dan 300 mil dari daratan terdekat. Hanya 50 orang yang tinggal di pulau utama Pitcairn, yang hanya sekitar dua mil panjangnya dan satu mil lebarnya, dan dikelilingi oleh Area Perlindungan Laut terbesar ketiga di dunia. Tidak ada bandara, dan satu-satunya cara untuk mencapainya adalah dengan perahu.

“Isolasi yang indah dan kurangnya polusi cahaya di seluruh empat pulau di kelompok Pitcairn akan membuat status tempat kudus kami benar-benar istimewa,” kata Heather Menzies, Pitcairn Travel Coordinator. “Sebagai sebuah komunitas, dari sudut pandang kecil kami, kami sangat menghargai pandangan alam semesta kami yang tak tertandingi, tetapi kami juga mendapat manfaat dari kesejahteraan fisik dan psikologis bahwa langit yang benar-benar gelap memberi semua makhluk hidup.”

A Dark Sky Sanctuary adalah “lahan publik atau pribadi yang memiliki kualitas yang luar biasa atau istimewa dari malam berbintang dan lingkungan malam hari yang dilindungi untuk nilai ilmiah, alam, atau pendidikan, warisan budaya dan / atau kenikmatan publik.” di bagian paling atas dari proses sertifikasi yang diawasi oleh Asosiasi Dark-Sky Internasional (IDA) yang berbasis di Arizona, yang juga menetapkan Dark Sky Parks dan Dark Sky Reserves untuk melindungi dari polusi cahaya dan melestarikan langit malam.

“Ini akan menjadi aplikasi yang valid mengingat isolasi pulau dan kualitas langit malam,” kata John Barentine, Direktur Konservasi IDA. “Mereka hanya harus membuat dunia sadar akan sumber daya yang hebat ini.”

Meskipun tawaran Kepulauan Pitcairn untuk menjadi Cagar Langit Gelap kelima dunia adalah tentang mengenali kurangnya cahaya tercemar langit, itu adalah keuntungan ekonomi dari astro-tourism yang dialami Selandia Baru yang merupakan titik keseluruhan status Dark Sky Sanctuary.

“Wilayah Aoraki McKenzie, yang dinyatakan sebagai Dark Sky Reserve pada tahun 2012, telah mengalami pertumbuhan besar dalam astro-tourism dalam beberapa tahun terakhir, dengan hampir satu juta orang mengunjungi wilayah itu selama musim 2017-18,” kata Menzies, yang baru saja kembali dari perjalanan ke Pulau Selatan Selandia Baru. “Saya ingin mengetahui bagaimana komitmen konservasi untuk melindungi langit malam dapat berdampak positif terhadap ekonomi pengunjung suatu wilayah … dan itu luar biasa.”

Persiapan pemilihan tempat kunjungan berlibur ke Pitcaim sangat penting

Meskipun Pitcairn tidak memiliki banyak pencahayaan, tetap penting untuk memilih dengan bijak ketika Anda berkunjung. November hingga Maret adalah musim hujan musim panas, sehingga periode tersebut sebaiknya dihindari jika Anda ingin langit cerah. Mereka yang mencari tujuan wisata terpencil dan belum ditemukan harus bersiap selama tiga hari dengan perahu. Ini menjadi perjalanan sehari yang lebih umum bagi penumpang di kapal pesiar Pasifik Selatan, tetapi satu-satunya cara untuk tetap di Adamstown di Pitcairn adalah di kapal penumpang dan pasokan MV Claymore II.

Kapal itu membawa 12 penumpang di kabin dua-dermaga, dan hanya membuat 12 pelayaran setiap tahun – empat kali perjalanan untuk mengirim kargo dan pasokan ke Pulau Pitcairn dari Selandia Baru (pemuatan di Tauranga) dan delapan perjalanan pulang pergi setahun dari Pitcairn ke Mangareva dalam bahasa Prancis Polinesia. Karena tidak ada pelabuhan atau pelabuhan, penumpang mendarat di pulau itu melalui longboat. Jadwal berlayarnya sedemikian rupa sehingga Anda bisa tinggal selama empat atau 11 hari di Pitcairn. Tiga pulau lainnya – Ducie, Oeno dan Henderson – tidak berpenghuni.

Itu akan menjadi saat yang tepat untuk mengunjungi Kepulauan Pitcairn, karena juga sebagai musim dingin di belahan bumi selatan (ketika ada kemungkinan lebih tinggi dari langit yang cerah), gerhana matahari menurut definisi terjadi di bulan baru, yang selalu merupakan waktu terbaik untuk pergi astronomi.

“Kualitas langit malam Pitcairn ada di sana dengan yang terbaik di dunia,” kata Menzies. “Kami sangat gembira tentang prospek status Dark Sky Sanctuary yang terakreditasi akan memberikan Pitcairn … langit benar-benar batasnya.”